Bagaimana Cara Mengetahui Masa Subur

Memprediksi serta mengkalkulasi saat subur wanita sesudah haid yaitu satu diantara langkah paling utama untuk mempunyai keturunan. Itu penyebabnya untuk memiliki rencana kehamilan, Anda butuh mempunyai catatan periode haid.

Apa yang disebut dengan siklus haid atau menstruasi?

Siklus haid yaitu rentang hari mulai sejak hari pertama haid sampai hari pertama haid selanjutnya. Siklus haid yang normal yaitu tiap-tiap 21 – 35 hari. Hari ke-1 (satu) pada siklus haid yaitu hari pertama haid berlangsung.

Kapan dimulainya saat haid?

Haid diawali pada hari pertama waktu dinding rahim meluruh serta jadi darah, keluar dari vagina. Pada saat haid, sel telur juga akan berkembang didalam ovarium. Waktu sel telur telah masak, ovarium juga akan melepas sel telur itu, momen ini dimaksud ovulasi.

Kapan ovulasi berlangsung?

Biasanya ovulasi berlangsung sekitaran 12 – 14 hari sebelumnya hari pertama haid. Sesungguhnya, hari saat berlangsung ovulasi tergantung pada siklus haid Anda. Bila siklus Anda pendek, umpamanya cuma 22 hari, jadi ovulasi bisa berlangsung cuma sekian hari sesudah haid selesai. Jadi, saat ovulasi dapat berlainan pada setiap wanita. Karenanya, perlu untuk Anda ketahui siklus haid Anda supaya bisa memprediksi saat ovulasi.

Kapan saat subur Anda?

Saat subur Anda sekitar di sekitaran saat ovulasi, kurang lebih dalam lima hari sebelumnya ovulasi berlangsung. Biasanya saat subur wanita yaitu 12 – 16 hari sebelumnya saat haid selanjutnya. Dalam kata beda, rata-rata wanita alami saat subur diantara hari ke-10 sampai hari ke-17 sesudah hari pertama haid terlebih dulu. Hal itu berlaku untuk wanita yang memiliki siklus haid teratur 28 hari. Tetapi, apabila siklus Anda berlainan, Anda bisa cobalah pelajari serta mengkalkulasi kapan saat subur Anda.

Hal sebagai tantangan yaitu biasanya lama saat haid wanita dapat beralih dari sekian waktu, umumnya berjalan 2-7 hari. Keadaan ini buat ovulasi bisa berlainan satu pekan lebih cepat atau lebih lambat di banding periode setelah itu.

Di bagian beda, terkecuali sistem ovulasi, kehamilan begitu ditetapkan oleh sistem sperma mencapai sel telur. Supaya bisa hamil, sel telur yang sudah masak ini mesti dibuahi kurun waktu 12 sampai 24 jam.

Mengkalkulasi Sendiri
Pendeknya periode 12 – 24 jam saat sel telur mesti dibuahi buat perlunya mendeteksi di hari-hari apakah wanita ada pada tempat paling subur. Biasanya saat subur ini dihitung berdasar pada catatan serta analisa siklus haid sepanjang paling tidak 8 bln. paling akhir.
Perkiraan saat subur bisa dihitung dengan rumus tersebut :

Kenali siklus terpendek Anda. Contoh : 27 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Akhirnya : 9. Angka ini yaitu hari pertama waktu Anda ada pada tempat paling subur.
Kenali siklus terpanjang Anda. Contoh : 30 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Akhirnya : 19. Angka ini yaitu hari paling akhir waktu Anda paling subur.
Dengan hal tersebut bila siklus Anda rata-rata yaitu 27 – 30 hari, jadi Anda juga akan paling subur pada hari ke-9 sampai 19.
Untuk makin menguatkan perkiraan hari paling subur, Anda bisa memakai sebagian tanda beda seperti :

Suhu basal badan bertambah. Suhu basal badan yaitu suhu badan waktu bangun pada pagi hari. Suhu normal yaitu 35, 5 – 36. 6 derajat celcius. Tetapi bila suhu badan Anda naik sedikit lebih tinggi dari angka itu, ini bisa bermakna Anda sudah alami ovulasi dalam 1 – 2 hari paling akhir.

Ada lendir dari mulut rahim. Lendir bisa berlangsung dari mulai yang kental, basah, sampai yang kental, semi-transparan. Pergantian lendir ini tunjukkan pergantian kandungan hormon estrogen pada badan, yang jadi tandanya apakah ovulasi selekasnya berlangsung. Anda dimaksud ada pada saat begitu subur saat cairan ini berwarna bening, licin, serta elastis, seperti putih telur mentah. Cairan berikut yang juga akan membuat lancar serta membuat perlindungan jalannya sperma menuju tuba falopi untuk berjumpa sel telur.

Nyeri enteng sampai berat pada perut atau satu diantara sisi punggung. Sebagian wanita rasakan hal semacam ini di sekitaran saat ovulasi. Rasa sakit ini sesungguhnya bisa jadi satu diantara sinyal untuk menolong mendeteksi saat paling subur.

Perasaan lebih bergairah. Beberapa wanita rasakan lebih bergairah, lebih semangat, serta lebih gampang bersosialisasi waktu alami saat subur.

Detil Siklus Haid
Untuk lebih memperjelas apa sajakah yang berlangsung sesudah saat haid wanita, tersebut disini detil siklus haid dari waktu ke waktu pada umumnya :


Hari ke-1 hingga 5 :

Menstruasi berlangsung karna tak ada pembuahan atau Anda tidak alami kehamilan.
Kandungan progesteron serta estrogen jadi rendah.
Suhu badan 35. 5 – 36. 6 derajat Celcius.
Hari ke-6 hingga 7 : Otak menghasilkan hormon-hormon yang lalu juga akan merangsang pembentukan sel telur.

Hari ke-8 (bisa memanjang sampai hari ke-12) : Dinding rahim kembali menebal serta buat supply pembuluh darah bertambah, jadi persiapan untuk terima sel telur yang dibuahi.

Hari ke-10 : lendir vagina jadi pekat serta lengket.

Hari ke-12 : lendir vagina jadi lebih bening, licin, serta elastis, mengisyaratkan ovulasi sudah dekat. Walaupun ovulasi masih tetap sekian hari sekali lagi, jalinan seksual yang dikerjakan di saat ini bisa berbuntut pada kehamilan karna sperma dapat bertahan hidup 2-5 hari didalam badan wanita.

Hari ke-13 : estrogen bertambah dengan mencolok sebelumnya pada akhirnya alami penurunan.

Hari ke-14 : kandungan estrogen mulai turun. Hal semacam ini menyebabkan produksi hormon beda yang mengakibatkan ovarium melepas sel telur. Ini dimaksud ovulasi. Sel telur bisa bertahan hidup sekitaran 12-24 jam.

Hari ke-15-22 : bila tidak berlangsung pembuahan, biasanya saat subur telah selesai.

Warna lendir jadi keruh serta pekat.

Hari ke-25-27 : karna tidak berlangsung pembuahan, kandungan progesteron mulai alami penurunan serta lendir jadi kental atau tidak di produksi sekalipun.

Hari ke-28 : tidak terjadinya pembuahan bermakna kandungan hormon estrogen serta progesteron selalu alami penurunan. Dengan berkurangnya kandungan hormon-hormon itu, menstruasi juga diawali keesokan hari.

Dengan memprediksi serta mengkalkulasi saat subur sesudah haid, Anda juga akan jadi lebih terbantu dalam berencana kehamilan serta mengevaluasi kesehatan reproduksi.

Leave a comment